Petugas BKKB Lakukan Pendataan Di Rumdis Walikota Jakut

JakartaUtara.Com - Petugas pendataan keluarga dari BKKB Jakarta Utara mendatangi rumah dinas Walikota Jakarta Utara, Bambang Sugiyono di Jl. Kelapa Nias, Kelurahan Kelapa Gading Barat, Kecamatan Kelapa Gading, Kamis (16/07) malam.

Aksi pendataan keluarga tahun 2009 secara nasional dilaksanakan mulai tanggal 1 Juli sampai dengan 30 September 2009. Sedangkan pendataan keluarga telah dilaksanakan sejak tahun 1994. Tercatat sampai dengan tahun 2008, sudah dilaksanakan sebanyak 14 kali.

Dari jumlah tersebut, lima diantaranya yakni tahun 2002-2004 dan 2007-2008 telah dilakukan melalui pemutakhiran data (up dating data). Data dan informasi yang diperoleh dari hasil pendataan keluarga mempunyai kekuatan dikarenakan milik masyarakat.

Begitu juga dengan proses pengumpulannya yang dilakukan oleh kader masyarakat sendiri (PPKB RT/RW setempat) sehingga menjadi sangat rinci yang dapat dipertanggung jawabkan dan bisa melengkapi dalam penyempurnaan data lain yang telah ada.

"Masyarakat juga harus berpartisipasi aktif untuk membantu kelancaran proses pendataan keluarga yang dilakukan oleh kader PPKB RT/RW," harap Bambang Sugiyono, Walikota Jakarta Utara ketika menerima kedatangan petugas BKKB Kota Administrasi Jakarta Utara di rumah dinasnya.

Kegunaan data dan informasi hasil pendataan ini selain digunakan untuk keperluan operasional program KB sendiri yang telah banyak dimanfaatkan oleh sektor pembangunan lainnya terutama untuk menentukan sasaran program dukungan pemberian bantuan keluarga pra sejahtera.

"Secara khusus pendataan keluarga ini bertujuan untuk menghasilkan data dan informasi tentang data demografi, keluarga berencana, tahapan keluarga sejahtera dan anggota keluarga," ungkap Nuning, petugas PPKB.

Sedangkan tujuan pendataan keluarga secara umum adalah dapat diperolehnya data basis keluarga dan anggota keluarga yang dapat memberikan gambaran secara tepat dan menyeluruh mengenai keadaan di lapangan sampai ke tingkat keluarga tentang hasil-hasil pelaksanaan program Keluarga Berencana. "72 pertanyaan dilontarkan kepada Walikota Jakut perihal data keluarga. Dengan adanya kegiatan ini dapat menjaring akseptor baru," tambah Nuning.



Pamer gaya dengan skin baru yang keren.
Coba Yahoo! Messenger 9..0 baru sekarang!


Berbagi video sambil chatting dengan teman di Messenger.
Sekarang bisa dengan Yahoo! Messenger baru.
 
berita unik