PROFIL LURAH KEBON BAWANG

Lurah Kebon Bawang, Dady Suryadi, S.Sos
Sukses Pemilu, Masyarakat Pantas Mendapat Penghargaan

JakartaUtara.Com - Ide sosial yang satu ini tergolong jarang dilakukan dan sepantasnya mendapatkan apreseasi. Dady Suryadi sebagai Lurah Kebon Bawang, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara berkeinginan kuat untuk memberikan penghargaan kepada RT, RW, Tokoh Masyarakat dan yang terkait dalam mensukseskan jalannya pemilu legislatif (Pileg) serta pemilu Presiden (Pilpres) untuk wilayah pemerintah Kelurahan Kebon Bawang.

Pria yang baru menjabat sebagai Lurah Kebon Bawang pada Hari Jumat, tanggal 31 Januari 2009 ini bermaksud memberikan penghargaan kepada masyarakat sebagai wujud syukur dan sekaligus mengucapakan terimakasih atas peran serta masyarakat yang telah membantu hajat Nasional dengan terselenggaranya pileg dan Pilpres secara aman dan lancar.

"Peran serta masyarakat menurut saya sangat penting atas terselenggaranya pemilu yang berjalan secara langsung umum, bebas dan rahasia diwilayah kami secara kondusif tanpa ada halangan yang berarti. Itu artinya semua jajaran masyarakat kebon bawang cukup mempunyai andil atas pelaksanaan pilpres yang baru saja berlalu," ujar pria kelahiran, Jakarta, 17 November 1954.

Dikatakan, pria dikenal dekat dengan semua lapisan masyarakat dan para pegawainya ini, ingin berbuat sesuatu kepada masyarakat melalui ide-nya. "Momen ini sangat tepat sekali untuk memberikan penghargaan kepada masyarakat. Tidak setiap tahun hajat ini dilaksanakan, jadi kami bermaksud memberikan penghargaan sekaligus kenangan bagi mereka," ujar Lurah seraya sedang menyiapkan 200 piagam penghargaan.

Bapak dari seorang istri yang bernama Umidah yang dikaruniai dua anak yaitu Boby Rahman, 21, dan Kurnia Wiguna, 18, mempunyai gagasan tersebut dikarenakan kepedulian kepada masyarakatnya dan mendapat dukungan dari PPS Kelurahan.

"Syukur, saat saya merencanakan ide ini didukung oleh jajaran kami termasuk PPS Kelurahan dan dekel," ucap pria berkumis yang mempunyai hobby bulutangkis, sepak bola dan catur.

Orang nomor satu di kelurahan Kebon Bawang hingga saat ini belum mempunyai rumah dinas lurah. Katanya, bukan suatu halangan untuk tetap semangat melayani masyarakat hingga malam hari walaupun setiap hari harus pulang-pergi bekasi-Tanjung Priok. Baginya, tugas, pokok dan fungsi sebagai seorang pamong yaitu mendekatkan diri pada semua lapisan masyarakat itu lebih mempunyai arti baik dalam pelayanan maupun dengan kegiatan sosial di masyarakat.

"Kami sedang menyiapkan waktu pelaksanaan pemberian penghargaan itu. Mudah-mudahan kalau tidak ada halangan usai pengumuman suara pilpres secara sah oleh KPU satu atau dua hari kemudian kami akan mewujudkan yang sudah direncanakan," kata pria asal Bandung, Jawa Barat.

Bapak dua anak itu sebelumnya tidak kepikiran menjadi seorang pamong/Lurah. ia sebelumnya bercita-cita sebagai seorang tentara namun karena gagal tes Akabri pada tahun 1977, ia langsung memilih masuk PNS pada tahun 1980 dan langsung diterima menjadi staf di walikota Jakarta Barat lalu menjadi staf di Kecamatan Grogol.

Jenjang Karirnya meskipun lambat tapi pasti dengan menjabat sebagai Sekretaris Kelurahan Pekojan (1994) dan Kedoya Utara (1998). Pada Bulan November 2002, pria mantan aktivis Universitas 17 Agustus (Untag) ini diangkat menjadi wakil lurah Kapuk Muara, kemudian wakil di Kelurahan Cilincing dan Lagoa dan 31 Januari 2009, Dady sapaan akrabnya mulai menjabat Lurah Kebon Bawang.

Pria yang dibesarkan di Tanjung Priok ini tergolong cerdas dengan mengenyam pendidikan di SMPN 30 dan SMAN 13 serta Kuliah di Untag namun mendapat gelar sarjana sosial di Universitas Krispati, Jakarta Timur pada tahun 2001.

"Meskipun saya baru enam bulan menjalankan tugas di sini (Lurah Kebon Bawang, red) bagi saya Wilayah Tanjung Priok tidak asing lagi, karena saya lahir dan besar di wilayah yang dulu sempat dibilang rawan sarang preman. Tapi, Itu dulu sekarang amaan," tambahnya kepada jakartautara.com, baru-baru ini, dibawah pohon jambu kantor kelurahan sambil menubruk teh hangat dengan sepotongan goreng pisang.


Jatuh cinta itu seperti apa ya rasanya? Temukan jawabannya di Yahoo! Answers! http://id.answers.yahoo.com

 
berita unik